-->

May 15, 2021

Konsisten Latihan Meskipun Tak Tahu Kapan Perang

Konsistenlah latihan meskipun kita tidak tahu kapan ilmu yang kita dapatkan saat latihan akan dipakai.


Suatu waktu saya diajak untuk meliput latihan perang TNI Angkatan Udara dan disitulah saya baru benar - benar melihat dari jarak dekat bagaimana mengerikannya suara ledakan. Getarannya cukup kencang dan dari sini saya baru percaya kenapa di film - film orang terpental saat terkena ledakan dari jarak dekat. 


Tidak hanya itu, ternyata biaya latihan perang pum lumayan mahal. Jangan tanya keseriusan para prajurit saat latihan, mereka tidak ada yang becanda meskipun hanya latihan.

 

Belajar dari latihan perang TNI ini menyadarkan kita betapa pentingnya latihan meskipun kita tidak pernah tahu kapan skill yang didapatkan dari latihan akan terpakai. Para tentara tidak tahu kapan skill perang mereka akan terpakai, artinya benar - benar menghadapi musuh. Tapi mereka konsisten latihan dan serius.


Latihan itu bukan soal sudah bisa atau tidak, bukan soal pengalaman atau belum melainkan soal membangun mental kesiapan sehingga ketika pada masanya benar - benar menghadapi situasi buruk kita sudah siap.


Dari latihan TNI kita belajar bagaimana memiliki sikap siaga. Dan ini bisa diadopsi dalam kehidupan kita. Saya sendiri selalu latihan menulis. Istilah Andria Hirata disebut manusia pembelajar.


Bersama salah seorang anggota TNI Angkatan Udara.


Seorang pengusaha juga pasti melakukan latihan rutin, mulai dari pembukuan, marketing dan lain sebagainya. Politisi juga demikian, melakukan larihan rutin mulai dari publiv speaking, lobi, cara kampanye dan lain sebagainya.


Dan sebenarnya bagi seorang Muslim sejatinya mental itu sudah melekat karena dalam Islam sendiri kita percaya soal akhirat. Dan Allah swt meminta kita mempersiapkan dengan berbagai sarana yang telah disediakan, mulai dari shalat, zakat, sodakoh, baik dengan tetangga, berkasih sayang sesama Muslim.


Membaca Al Qur'an, puasa, saling memberi, dzikir, shalawat dan sebagainya. Semua itu tools latihan agar kita menjadi lebih terampil mengumpulkan bekal menuju akhirat.


Dan kita tidak pernah tahu kapan kiamat akan datang, tapi perintahnya latihan amal. Fakta ini menunjukan bahwa latihan itu penting meski tidak tahu kapan ilmu yang didapatkan dari latihan akan terpakai. 


Anda ingin menjadi seorang blogger yang profesional silahkan hubungi saya ke nomor whatsapp 085921029049.

Contact Us

Phone :

+62 859 210 290 49

Address :

Komplek Banjar Agung Indah, Blok F41, No.1-2, Kelurahan Banjar Agung,
Kec.Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten

Email :

karnotogw@gmail.com