-->

June 19, 2021

Gowes Sepeda 14 KM Selama 3 Tahun

Ini sebenarnya cerita kenangan masa lalu ketika saya sekolah SMP. Dan saya baru nyadar bahwa gowes sepeda tiga tahun 14 kilometer pulang pergi dari rumah ke sekolah itu lumayan juga. Kenapa saya bilang lumayan karena setelah saya dewasa dan merantau belum menemukan anak sekolah yang ramai - rami naik sepeda sepanjang itu. Dari situ saya teringat diri sendiri ketika masih sekolah di SMP N Jatibarang, Brebes, Jawa Tengah.


Karena jarak dari tempat tinggal saya yaitu Desa Wanacala, Kecamatan Songgom ke sekolah jauh maka saya pun memakai sepeda. Ketika itu tahun 1993 an jarang ada angkutan desa yang mau mengangkut siswa karena bayarannya murah. Kalau toh ada rasanya buat saya terlalu eman karena harus menguras ongkos ditengah ekonomi masih sulit.


Jalan satu -satunya ya menggunakan sepeda. Tapi waktu itu sih tidak begitu menyusahkan apalagi gengsi karena yang memakai sepeda banyak dan berangkatnya sering ramaian. Dan ini saya lakukan selama tiga tahun selama sekolah SMP. Yah, beberapa kali sih pernah pantat lecet karena saking keseringannya di atas sadel (tempat duduk sepeda) terutama saat pulang sekolah akibat udara panas.


Karena alasan inilah sepeda yang dibelikan Bapak saya tukar dengan sepeda BMX milik teman saya karena ukurannya lebih kecil sesuai dengan postur badan saya. Saya merasa lebih nyaman dan memang sepeda BMX teman saya itu sudah saya incar lama.  Akhirnya tercapai juga punya sepeda BMX warna hitam. Entah sepeda itu sekarang dimana yang pasti sudah tidak ada di rumah.


Saya masih ingat ada salah satu tanjakan yang terjal dan dijamin ngos - ngosan. Untungnya posisi tanjakan itu saat berangkat sekolah sehingga tenaga masih cukup kuat. Keringatan dong baju seragamnya, itu sudah pasti ! Risiko perjuangan Bro. Dan seingat saya ketika itu tidak istirahat selama gowes, maksdunya ketika tancap dari rumah atau pulang sekolah itu langsung bablas, tanpa istirahat. 


Dan saya tidak merasa tersiksa tetapi justru menyenangkan bahkan kalau ingat kenangan itu saya merasa bangga. Anehnya ya, pakai sepeda kok merasa bangga. Itulah mengapa ketika sekarang ada tren gowes saya tidak begitu aneh. Lah wong saya sudah merasakan selama tiga tahun dan setiap hari pula. 


Pernah berapa kali ban kempes atau bocor? Wah kalau yang ini saya lupa tapi yang pasti sih pernah. Nelangsa banget ya? Ga juga sih karena sepanjang jalan banyak bengkel jadi tidak begitu menjadi persoalan sulit. Entahlah apakah gaya sekolah dengan memakai sepeda masih ada sampai sekarang.


Mungkin masih ada meskipun tidak seramai ketika saya sekolah dulu, terutama yang berasal dari kampung yang jauh dari sekolah. Sekarang sudah banyak angkutan dan motor roda dua jadi kemungkinan lebih banyak yang memakai dua sarana transportasi itu.

Anda ingin menjadi seorang blogger yang profesional silahkan hubungi saya ke nomor whatsapp 085921029049.

Contact Us

Phone :

+62 859 210 290 49

Address :

Komplek Banjar Agung Indah, Blok F41, No.1-2, Kelurahan Banjar Agung,
Kec.Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten

Email :

karnotogw@gmail.com