-->

June 03, 2021

Infotainment Politik

Ahmad Sobari pernah menulis artikel berjudul salon politik. Dalam tulisannya, Sobari menggambarkan bahwa politisi itu rajin nyalon, bukan nyalon dalam artian sesungguhnya tetapi nyalon dalam konteks membangun citra dan persepsi.


Dan dalam dunia politik kita tidak bisa lepas dari apa dua kata di atas, yaitu citra dan persepsi. Meskipun terjemahan teknis soal keduanya bisa beragam, ada yang berupa komunikasi visual, public relation, advertising, event maupun media planning.


Dan faktanya memang demikian, karena politik itu butuh infotainment. Ada konflik, ada emosi, ada peran antagonis dan lain sebagainya. Kalau orang mungkin sering menyebutnya social engenering. 


Apa pun istilahnya substansinya sama yaitu membangun persepsi, memengaruhi opini dan strategi komunikasi. Pertanyaanya apakah masih laku infotainment politik di era sekarang ?


Kalau saya katakan masih, bahkan laku banget! Ada yang bilang ke saya begini, tapia kan sekarang banyak pemilih milenial, pemilih rasional.


Coba kita pelajari lagi karakter milenial di Indonesia dengan di negara maju, pasti ada perbedaan substansi yang jauh berbeda. Atau Anda cermati mereka para milenial ketika menyikapi politik?


Anda kaitkan dengan fenomena politik saat ini, dimana banyak isu strategis, isu serius bahkan sebagian besar isu itu menyangkut nasib para milenial dimasa mendatang, bagaimana mereka bersikap, merespon semua  fenomena politik yang serius itu.


Ternyata milenial yang punya nyali, punya artikulasi dan fikiran untuk merespon fenomena politik kecil banget prosentasenya. Inilah yang membuat saya punya keyakinan bahwa infotainment politik masih laku bahkan laku keras.


Milenial lebih banyak mengisi ruang - ruang hiburan, komedia tetapi sedikit dari mereka yang konsen dengan persoalan njilmet dalam politik. Padahal fakta sejarah, tidak ada perubahan besar yang diprakarsai oleh generasi lucu - lucuan.


Perubahan selalu dimotori oleh mereka para generasi serius yang terbiasa bercengkrama dengan urusan sosial politik yang njlimet, karena itulah yang akan memacu kedewasaan mereka.


Jadi saya berpandangan bahwa infotainment politik masih akan tetap laku, laku banget meskipun milenial akan mendominasi pemilih pada Pemilu 2024. Kalau milenial saja bisa disuntik dengan infotainment apalagi pemilih di lapisan grasroot, itu sudah bisa dipastikan.

Anda ingin menjadi seorang blogger yang profesional silahkan hubungi saya ke nomor whatsapp 085921029049.

Contact Us

Phone :

+62 859 210 290 49

Address :

Komplek Banjar Agung Indah, Blok F41, No.1-2, Kelurahan Banjar Agung,
Kec.Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten

Email :

karnotogw@gmail.com