-->

June 18, 2021

Jawara Blogger Indonesia

Platform blogger dan wordpress dalam perkembangannya tidak hanya menjadi media curhat urusan pribadi tetapi sudah menjadi ladang bisnis, terutama mereka yang jago menulis. Menulis apa saja, apakah itu tentang parenting, tips dan trik, traveling, politik, bisnis, fesyen, hobi dan lain sebagainya.


Ini sebuah kemajuan luar biasa sekaligus membuktikan bahwa sebenarnya orang - orang Indonesia itu kreatif dan punya semangat tinggi untuk mengubah diri, terutama secara ekonomi. Tentu saja bukan perkara mudah untuk menjadi blogger sukses karena substansinya sama dengan kesuksesan lainnya, yaitu kerja keras, konsistensi, kretatif dan punya jiwa pembelajar.


Tidak ada kesuksesan yang instans dan soal ini sepertinya kita sepakat semuanya. Pada pointer jiwa pembelajar inilah kita membutuhkan teman berbagi yang satu hobi, satu fikiran. Dan komunitas adalah salah satu cara efektif untuk terus kita belajar dari orang lain sekaligus sarana untuk melihat sejauhmana kita menjadi seorang blogger yang sukses.


Sebab di komunitas inilah kita bisa mengukur dan membandingkan dengan blog orang lain dan kesuksesan orang lain, tanpa harus kita merendahkan diri. Saya sendiri menjadi blogger sejak kuliah semeseter kedua tetapi ketika itu hanya dikelola ala kadarnya dan sering berganti - ganti karena lupa dengan paswordnya (ini jangan ditiru tapi ambil hikmahnya).


Dan ditahun 2020 saya mencoba mengelola blog lebih konsisten dengan nice news. Ada dua yang saya buat yaitu www.bantenperspektif.com dan www.perspektif.co.id, keduanya sebenarnya basisnya adalah blog dengan nice news. 


Lalu ditahun 2021 tepatnya Mei 2021 saya membuat blog pribadi yang bernama www.karnoto.my.id. Disusul blog khusus yang membahas perihal branding yaitu www.mahartibrand.com.  Karena basic saya seorang jurnalis jadi sebenarnya memang lebih kepada pemanfaatan untuk ruang akutalisasi daripada bisnis.


Yah, meskipun dalam perjalanannya tetap ada penghasilan yang saya dapatkan. Apalagi ditambah dengan channel youtube saya buat di perspektiftv. Dari pengalaman inilah saya kemudian berfikiran untuk membuat komunitas blogger. Tujuannya selain menjadi sarana berbagi antar blogger sekaligus saya juga ingin belajar dari mereka yang sudah sukses.


Komunitas ini bernama Jawara Blogger Indonesia, sebuah komunitas praktisi blogger dari beragam nice atau konten. Komunitas ini terbagi menjadi tiga klaster, yaitu  Jawara Blogger Wanita, Blogger Jawara Umum, Blogger Jawara Milenial dan  Kenapa ada dua klaster ini yang saya pilih karena berbagai pertimbangan dan hasil riset sederhana saya selama setahun ini.


Dua klaster inilah yang paling potensial bisa berkembang lebih cepat ketimbang lainnya, karena beberapa faktor diantaranya mereka masih memiliki waktu luang terbuka ketimbang bapak - bapak yang sudah disibukan dengan mencari nafkah dan beragam kegiatan lainnya.


Bagi Anda yang ingin ikut Komunitas Jawara Blogger Indonesia silahkan bisa menghubungi saya ke nomor whatsapp 0859 210 290 49. Semoga komunitas ini bisa memberikan manfaat dan turut partisipasi terhadap bangsa. Selamat bergabung !

Anda ingin menjadi seorang blogger yang profesional silahkan hubungi saya ke nomor whatsapp 085921029049.

Contact Us

Phone :

+62 859 210 290 49

Address :

Komplek Banjar Agung Indah, Blok F41, No.1-2, Kelurahan Banjar Agung,
Kec.Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten

Email :

karnotogw@gmail.com