-->

I'M Karnoto

Founder Maharti Networking

June 19, 2021

Setiap Anak Punya Cerita Sendiri

Jangan paksa anak meneruskan cita - cita atau mimpimu saat tempo dulu, karena setiap anak punya ceritanya masing - masing. Mereka terlahir dalam situasi dimana kondisi orangtuanya berbeda - beda.


Dalam sebuah forum dr.Aisah Dahlan mengatakan bahwa setiap anak punya ceritanya masing - masing. Ada yang lahir disaat orangtua dalam kondisi kesulitan ekonomi, ada anak yang dilahirkan dalam suasana penuh kecukupan, ada anak yang lahir disaat orangtua sedang diuji dengan konflik, ada anak yang lahir dimana orangtua mereka dalam situasi penuh kebahagiaan dan beragam cerita mewarnai kelahiran anak dalam satu keluarga. 


Oleh karena itu tidak heran psikis dan impian anak pun beragam karena memang mereka lahir dalam suasana yang berbeda. Apa yang disampaikan Aisah Dahlan baru dari perspektif situasi dimana anak lahir belum lagi ditambah dengan gender, lingkungan dimana mereka lahir dan lain sebagainya. 


Kelihatannya ini pengetahuan sederhana tetapi sebenarnya ini pengetahuan basic yang mesti diketahui dan dipahami paran orangtua. Itulah mengapa saya jarang sekali memberikan nasehat kecuali sebuah statement filosofis yang singkat, padat tetapi anak - anak bisa paham dan selalu ingat.


Ada kalimat yang memang saya sampaikan secara merata kepada mereka, yaitu soal keberanian mengambil keputusan sendiri dan siap menanggung risikonya. Kalimat ini saya berikan rata kepada mereka karena kelak mereka akan dihadapkan pada pilihan dan mereka butuh keberanian, apapun itu risikonya. 


Tetapi ada kalimat dan memang saya sesuaikan dengan karakter dan posisi mereka. Kepada anak laki - laki saya selalu bilang bahwa menjadi laki - laki itu harus kuat fisiknya, fikirnya dan jiwanya. Mengapa ini saya khususnya kepada anak laki - laki? Alasan saya adalah karena mereka nantinya akan menjadi pemimpin dalam rumah tangga.


Seorang pemimpin harus punya tiga kekuatan wajib, yaitu fisiknya, fikirnya dan jiwanya. Dia akan dihadapkan mengambil keputusan yang berdampak bukan saja terhadap dirinya sendiri melainkan anggota keluarganya.


Maka dia harus kuat fisiknya, fikirnya dan jiwanya supaya bisa menahan goncangan, ujian dan tribulensi dalam kehidupan kelak ketika menjadi orang dewasa. Sementara kepada anak perempuan kami lebih kepada bagaimana dia bisa menjadi perempuan yang menjaga kehormatan, terbuka dan kesabaran. Untuk selebihnya mereka kami berikan kebebasan.***

Karnoto,Founder Maharti Networking.Eks.Jurnalis, pernah studi Ilmu Marketing Communication Advertising Univ.Mercu Buana Jakarta, Penulis Buku Speak Brand

0 komentar:

Kata Mereka

Chat Whatsap

Contact Us

JOHN DOE
085921029049
Kota Serang, Banten