-->

July 20, 2021

Podcast dengan Dokter yang Tertunda

Ditengah pandemi Covid - 19 ditahun kedua, tepatnya Juli 2021 saya dan tentu saja masyarakat Indonesia secara luas dituntut berfikir keras, kreatif dan memeras otak agar ide keluar untuk adaptasi melakukan berbagai hal ditengah situasi pelarangn berkerumun dan ganasnya virus ini. 


Dan salah satunya adalah aktivitas podcast. Sebenarnya sisi lain pandemi menguntungkan saya sebagai orang yang ingin punya konten youtube podcast tetapi belum memiliki dana untuk membuat ruang studio podcast khusus sehingga bisa melakukannya secara virtual.


Oprak - oprek pun mulai saya lakukan mulai dari mengenali aplikasi zoom meet, google meet sampai pada akhirnya saya mengenal software OBS, yaitu aplaikasi yang memudahkan dan membantu kita ketika melakukan podcast virtual.


Ada beberapa kelebihan dari aplikasi ini, diantaranya tampilan podcast kita bisa lebih menarik karena layar tampilan di zoom meet atau google meet kita menampilkan logo atau brand kita, memodifikasi tampilan mulai dari background, video prolog, logo brand dan lain sebagainya.


Saya pun akhirnya membeli zoom meet pro untuk masa satu bulan supaya bisa melakukan podcast setiap hari tanpa khawatir waktu yang dibatasi. Setelah memastikan zoom meet pro dan instal termasuk mempelajari OBS saya pun menghubungi Bu Doclin, seorang dokter yang kebetulan akrab untuk bisa saya ajak podcast sekaligus uji coba podcast perdana dengan aplikasi OBS.


Alhamdulillah, Bu Doclin semangat dan bersedia sampai akhirnya kita membuat janji tepatnya sehari sebelum pelaksanaan Shalat Idul Adha. Kita janjian podcast virtual jam 13.00 WIB.


Saya pun mempersiapkan teknisnya dan ternyata podcast terpaksa harus tertunda, karena masalah teknis. Ini terjadi karena spek laptop saya memang kurang perfect untuk menggabungkan dua aplikasi zoom meet dan OBS.


Selain lelet dan sering ngadat juga masih ada hal lain yang harus saya pelajari lagi. Saya pun memutuskan untuk menunda podcast virtual. Saya kembali buka OBS dan mencoba terlebih dahulu sebelum benar - benar melakukan podcast virtual.


Maaf ya Bu Doclin, kesalahan teknis. Alhamdulillah dia cukup memahami dan tidak mempersoalkan meskipun terpaksa dijadwalkan ulang. "Santai aja, kebetulan saya juga lagi santai," kata Bu Doclin. Alhamdulillah..

Anda ingin menjadi seorang blogger yang profesional silahkan hubungi saya ke nomor whatsapp 085921029049.

Contact Us

Phone :

+62 859 210 290 49

Address :

Komplek Banjar Agung Indah, Blok F41, No.1-2, Kelurahan Banjar Agung,
Kec.Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten

Email :

karnotogw@gmail.com