-->

I'M Karnoto

Brand Consultant . Content Writer . Content Creator

August 09, 2021

Ganti Pemimpin Ganti Warna

Baru - baru ini ramai soal cat baru Pesawat Kepresidenan Indonesia yang semula biru muda kini menjadi merah putih. Kritik publik dari sisi situasi wajar mengingat sekarang sedang dalam kondisi ekonomi kejepit.


Tapi kalau dari sisi emosi dan karakter serta brand Indonesia memang bagusnya merah putih. Sering terjadi sih kaya gini, ganti pemimpin ganti warna. Ga usah jauh jauh di Kota Cilegon juga kejadian beberapa waktu lalu.


Secara emosi sebenanrya warna pesawat sekarang lebih greget, tajam dan mencolok karena sesuai bendera Indonesia, warna khas negara. Seperti halnya Turki, pesawat kepresidenannya juga memakai dominasi merah karena memang disana merah menjadi karakter negara Turki.


Konon, mengapa dulu SBY mengganti warna pesawatnya biru muda karena agar ada kamuflase saat pesawat di udara makanya menggunakan warna yang sejenis dengan warna di udara.


Mungkin karena kebetulan biru adalah warna  Partai Demokrat maka diasosiasikan sebagai warna partai. Demikian juga sekarang, meski warnanya merah putih tapi sebagian orang mengsosiasikannya dengan warna PDIP.


Di daerah pun terjadi, di Kota Cilegon, kepala daerah yang baru juga melakukan itu. Saya tidak tahu tujuan substansinya apa tapi faktanya memang warna kantor Pemkot Cilegon sekarang identik dengan warna Helldy-Sanuji saat kampanye.


Dan saya tidak tahu, filosofi warna itu apakah sesuai dengan karakter kota tersebut atau yang penting ganti warna. Idealnya warna identitas resmi pemerintahan memang sesuai dengan karakter daerah tersebut. Kalau tidak memiliki kekhasan warna lebih bijak memilih warna netral, semisal putih.


Setahu saya warna perkantoran daerah yang identik dengan kekhasan daerahnya itu di Kabupaten Brebes, yaitu warna telor asin. Warna biru telor asin memang khas dengan city branding daerah ini yang merupakan penghasil telor asin. Jadi meskipun Bupatinya dari Golkar dan PDIP warnanya tetap sama.


Tapi tidak tahunsekarang apakah sudah berubah atau mempertahankan warna khas daerah. Soal warna sebenanrya ada kajiannya dan dipakai dalam ilmu bisnis.


Makanya kalau kita belajar komunikasi pemasaran kita akan diajarkan teori psikologi warna. Mengapa brand makanan menggunakan warna merah, karena kajiannya merah itu mengundang rasa lapar.


Kenapa brand teknologi menggunakan warna biru karena psikologi warna tersebut diasosiasikan dengan akurasi data. Itulah mengapa brand - brand yang jualannya soal data menggunakan logo warna biru telor asin.

Karnoto adalah Founder Maharti Networking.

Kata Mereka

Hubungi Via Whatsap

Contact Us

JOHN DOE
085921029049
Kota Serang, Banten