-->

I'M Karnoto

Brand Consultant . Content Writer . Content Creator

August 10, 2021

Lobi - Lobi Urusan Shalat

Seperti sering saya katakan bahwa setiap anak memiliki ceritanya masing - masing, karena mereka terlahir dalam situasi yang berbeda. Dan ini benar - benar saya merasakan sendiri dari empat anak, satu perempuan dan tiga laki - laki. Salah satunya adalah Muhammad Gigih Al - Fasya, anak ketiga kami.


Dia terkenal dalam keluraga mungil kami anak yang ceriwis, suka tanya dan harus bersabar untuk melobi dia ketika kita mengajak sesuatu. Tapi kehebatannya dia adalah anaknya konsisten. Ketika sudah sreg atau melakukan gosok gigi misalnya, maka dia akan selalu ingat dan meminta gosok gigi sebelum tidur.


Tapi untuk sampai dia mau gosok gigi, itu membutuhkan perjuangan yang panjang, argumentasi yang bisa diterima oleh dia dan tentu saja ada iming-iming hadiah dan tak selalu barang yang bisa diterima oleh dia.


Shalat pun demikian, kami sekeluarga harus saling bahu membahu melakukan lobi dan konsolidasi internal, mulai dari saya, ibunya dan kakak - kakaknya. Kita harus melakukan rekayasa dan trik untuk bisa membujuk dia kembali mau shalat.


Usianya lima tahun dan sebetulnya dulu ketika usia tiga tahun dialah paling rajin shalat. Ketika terdengar suara adzan maka dia pasti akan memanggil saya untuk shalat di musholla.


Dia mulai berubah pasca pulang ke rumah neneknya, mungkin karena situasinya berbeda maka dia butuh tenaga untuk mengembalikan kebiasaan mengajak shalat kepada saya. Ketika kami mengajak pembicaraan soal shalat maka dia cerdik karena akan mengalihkan pembicaraan ke tema lain. Kita terkadang dibuat tertawa oleh gaya dia.


Sekira dua tahun kami harus berusaha keras mengajak dia shalat, karena sama sekali dia tidak mau. Alasnnya waktunya terlalu lama dan saya baru tahu alasan ini sekira Juli 2021. Ketika itu saya menanyakan mengapa sekarang tidak mau shalat? Dia berlasan soalnya lama.


Kami berempat tidak menyerah, berbagai macam argumentasi ala anak - anak pun dilakukan. Iming - iming hadiahpun kami suarakan serentak kepada dia, tapi tetap saja tidak berhasil.


Baru pada Agustus 2021 dia mau shalat dan mulai rajin kembali ke musholla bersama kami. Ternyata lobi yang berhasil dari kaka laki - lakinya, yaitu Gagah. Dan lobi itu dilakukan sembari bermain karena kebetulan Gigih sangat bergantung ke kakaknya yang satu ini soal urusan main game.


Pada momentum itulah Kakanya yang baru SD kelas 5 memanfaatkan untuk mengajak Gigih shalat kembali. Dan akhirnya berhasil, Alhamdulillah. Kami bertiga pun kembali berangkat ke mushola bersama di sekitar rumah kami. 


PR kami sekarang adalah melakukan lobi ke dia agar mau sekolah dan potong rambut, karena sampai sekarang untuk lobi yang satu ini juga belum berhasil. Sama seperti kasus lobi gosok gigi, lobi shalat, membutuhkan waktu tapi kalau sudah klik maka dia akan konsisten.

Karnoto adalah Founder Maharti Networking.

Kata Mereka

Hubungi Via Whatsap

Contact Us

JOHN DOE
085921029049
Kota Serang, Banten