-->

I'M Karnoto

Founder Maharti Networking

January 13, 2022

Belajar dari Nabi Yusuf



Awalnya saya penasaran mendengar ceramah yang disampaikan Ustadz Budi Azhari tentang kisah Nabi Yusuf. Dalam cearamahnya ia sampaikan bahwa ada surat istimewa banget dalam Al Quran yaitu Surat Yusuf, satu surat full isinya menceritakan Nabi Yusuf.

Nonton film kisah Nabi Yusuf full 3 hari, dari dia kecil sampai menjadi penguasa. Banyak banget peristiwa yg dialami Yusuf kontekstual dg situasi sosial politik sekarang ini.

Bagaiamana cara menghadapi simpul kekuatan yang ada di lingkaran istana sampai simpul ini kalah. Bagaimana cara dia membangun kepercayaan publik sampai rakyat rela membayar pajak tanpa merasa terbebani, bagaimana Yusuf membuat kebijakan publik ditengah situasi tidak menentu.

Bagaiamana Yusuf mengelola kemenangan dam kekuasaan. Luar biasa memang..! Andaikan pemimpin muslim belajar dari sejarah Yusuf, saya yakin akan menang elegan, minim korban terutama dri pihak rakyat, 

Ada satu harapan pemimpin yang ada sekarang memakai strategi Yusuf, dan persis dia melakukan apa yang dilakukan Yusuf. Bagaimana cara menghalau pengadu domba, bagaimana dia mengayun kekuatan lingkaran istana, bagaimana dia mengelola kepercayaan rakyat dan bagaimana dia berproses mendapatkan kursi. 

Saya tidak tahu, apakah pemimpin ini telah baca atau melihat film Yusuf sampai selesai atau tidak, tapi dari cara dia melakukan mirip banget. Cerdas, tenang dan komunikatif, public speakingnya bagus, meyakinkan, jelas kebijakannya dan cerdas mengelola simpul kekuatan istana yang ingin menjatuhkan sampai mereka kesulitan karena justru Yusuf lah yg akhirnya dapat simpati publik.

Benar apa yang dikatakan Ustadz budi Azhari, mudah bagi Muslim kalau belajar, tahu, mengerti dan mengambil value dari sejarah Islam khususnya pada kisah Yusuf karena hakikat sejarah adalah mengulang.

Karena kisahnya dekat banget dengan kehidupan kita, ada soal cinta, parenting, bisnis, kebijakan publik, komunikasi publik, komunikasi intra personal, komunikasi inter personal, personal branding, kekuasaan, manuver politik pub;ic speaking dan lobi 

Karnoto,Founder Maharti Networking.Eks.Jurnalis, pernah studi Ilmu Marketing Communication Advertising Univ.Mercu Buana Jakarta, Penulis Buku Speak Brand

0 komentar:

Kata Mereka

Chat Whatsap

Contact Us

KARNOTO
085921029049
Kota Serang, Banten