-->

I'M Karnoto

Founder Maharti Networking

September 04, 2021

Website itu Aset Masa Depan

 


Sebagian orang mengira atau paling tidak menempatkan website, khususnya website yang dimiliki kita secara pribadi hanya sekadar nampang biar terlihat keren atau jangka pendek semata. Padahal, tahukah Anda bahwa sekarang di dunia maya terjadi aktivitas transaksi jual beli domain atau website? 


Jadi website itu aset masa depan, maka bagi yang belum memiliki website yang dimiliki penuh pribadi kita segeralah membuat dan rawatlah dengan baik dan konsisten karena itu adalah aset masa depan. Ini benar - benar fakta dan saya mengalami sendiri saat ini dimana sebelumnya tidak pernah terfikirkan.


Kalau toh Anda tidak tertarik dengan jual beli website, maka website milik Anda akan tetap berfungsi sebagai aset masa depan. Salah satunya untuk landing page personal branding, di website itulah orang bisa melihat, membaca fikiran Anda, visi Anda, mimpi Anda tentang apapun termasuk karakter Anda.


Mungkin Anda berfikiran bahwa sudah ada sosial media. Ini cara pandang yang keliru dan dipastikan belum memahami seluk beluk dan fungsi website. Anda mungkin bisa menulis di sosial media, tetapi data Anda akan ngacak karena tidak punya lemari khusus seperti yang dimiliki website.


Website itu aset atau properti kita dalam dunia maya, di dalamnya kita bisa membuat laci - laci khusus atau sering dikenal tag atau kategori, dimana nantinya pembaca atau pengunjung  lebih mudah ingin tahu tentang apa pada diri kita. Mereka tinggal mengklik kategori atau saya sebut tadi laci - laci, ada laci profil, laci fikiran, laci kegiatan, laci foto dan laci - laci lain sesuai dengan kebutuhan kita.


Kalau Anda hanya mengandalkan sosial media maka Anda seperti ngontrak bedengan, hanya satu ruang semuanya menyatu sehingga secara estetika juga dilihat tidak nyaman, berantakan karena semua hal terkait Anda ada dalam satu ruang bahkan menyatu dengan kamar mandi. Itulaha mengapa website itu menjadi penting karena selain menjadi media komunikasi atau ngobrol kita dengan orang lain, website juga berfungsi sebagai gudang data tentang diri kita kalau yang kita buat adalah website personal.


Kalau saya pribadi memang lebih kepada aktulisasi menulis dan satu - satunya cara yang efektif dan mudah adalah memiliki website pribadi. Tetapi ternyata sekarang website yang sudah berjalan dan mendapatkan traffic yang lumayan besar menjadi aset berharga. Ini benar - benar saya alami sendiri, dimana dua website saya ditawar oleh beberapa orang.


Ada yang menawar Rp 2 juta hingga Rp 5 juta tetapi saya tidak lepas sekarang karena website itu benar - benar sudah menjadi seperti bagian kehidupan saya, menjadi separuh jiwa saya karena diwebsite itulah saya menuangkan ide, gagasan, lintasan dan fikiran serta pengalaman.


Mulai dari cerita kuliah, sekolah, bisnis, pekerjaan, politik, keluarga, anak, musik dan apa saja yang ada dalam lintasa fikiran saya diwebsite itulah saya tumpahkan semua. Itulah mengapa saya masih berat untuk melepas ketika ada orang aktivis blogger yang menawar website saya.


Dari sinilah kemudian saya dan istri memiliki planning kedua anak saya yang MTS dan SD kelas lima untuk membuat website sendiri sesuai dengan passsion mereka. Mas Gagah misalnya, anak laki - laki saya yang masih SD akan kita dorong memiliki website pribadi dengan nice atau konten game sedangkan anak perempuan yang sudah MTs lebih punya passion drama dan musik Korea.


Harapan saya kedepan mereka tidak ketinggalan oleh zaman dengan segala perubahannya, khususnya perkembangan teknologi informasi yang super cepat. Dari pengalaman yang saya rasakan ini semoga bisa menjadi penyemanat untuk Anda segera memiliki website.


Apapun website yang Anda miliki, bisa website bisnis, personal, politik, ekonomi, gaya hidup, musik dan lain sebagainya. Saya sangat menyarankan buatlah website sesuai dengan passion kita agar website yang menjadi rumah aset masa depan kita bisa dirawat dengan penuh suka cita, tanpa beban dan enjoy. Itulah yang saya lakukan selama ini, on the track sesuai passion saya pribadi. 


Kalau Anda belum punya dan ingin membuat website personal atau nice lainnya dengan biaya murah, Insya Allah saya bisa bantu sampai website Anda berbentuk dan berwujud. Tidak sekadar dibuatkan desain dan domain lalu diserahkan ke Anda. Iya kalau Anda sudah fimilar dengan dunia website, kalau tidak? Pasti website yang sesungguhnya adalah aset akan menjadi aset tidur.


Atau kalau Anda sudah memiliki website dan punya masalah soal maintenance silahkan hubungi saya. Sepanjang saya bisa bantu akan saya bantu. Kalau toh persoalan Anda adalah hal baru buat saya maka itu juga akan jadi ide untuk mencari tahu karena saya meyakin tidak ada yang tidak bisa, apalahi sekadar urusan teknologi. Pasti bisa !

Karnoto,Founder Maharti Networking.Eks.Jurnalis, pernah studi Ilmu Marketing Communication Advertising Univ.Mercu Buana Jakarta, Penulis Buku Speak Brand

0 komentar:

Kata Mereka

Chat Whatsap

Contact Us

JOHN DOE
085921029049
Kota Serang, Banten